Monday, February 23, 2009

Who's your real enemy?

Ada pernyataan yang berbunyi seperti ini: " Jika anda ingin melihat sifat orang yang sebenarnya, datanglah pada saat dia lelah atau tertekan "
Yang pernah pergi haji, pasti pernah merasakannya. Saat kondisi badan lelah, pikiran tegang sewaktu menghadapi hari Arafah dan Mina..Semua sifat asli jamaah haji keluar... Yang tukang marah, tukang ngumpat, licik, egois, serakah, semua keluar...Ya kan???
Bagi yang belum kesana, saya pengen cerita situasi yang hampir mirip dengan keadaan di tanah suci...Jadilah residen bedah...!! Dengan masuk dalam sistem pendidikan di bedah, pada akhirnya akan menunjukan kepada semua orang, siapa sebenernya kita....
Disini, kita cape baik fisik maupun psikis...nda ada duanya deh dengan residen ditempat lain....Nah keadaan inilah yang membuka tabir, apa dan siapa kita yang sesungguhnya. Yang suka menghindar, banyak alasan, tukang bohong, males-malesan, suka memanfaatkan teman...semua kelihatan!!Mulai menginjak akhir bulan kedua, rasanya kita sudah bisa memetakan, siapa kawan dan siapa lawan. Siapa teman yang bisa bekerjasama, dan mana yang amit-amit susahnya. 

Saya sih selalu yakin, bahwa sistem itu, untuk membentuk karakter kita (para residen) untuk jadi manusia tangguh bin muantab!! Tapi selalu saja, kita harus melewati suatu proses yang kompleks. Barang bagus itu tidak dibuat dengan asal-asalan, tapi dengan proses yang teliti, cermat dan perhitungan yang matang. 

Seleksi alam mulai berjalan, siapa kuat, dia akan bertahan!
Stay Strong, Stay Survive

No comments:

Post a Comment