Friday, January 2, 2009

Nikmatnya Jadi Residen Baru

Ternyata...orang hebat itu tidak dilahirkan begitu saja. Mereka dibentuk, mereka ditempa, mereka dididik dengan keras, disiplin tinggi dan cara yang terbaik.

Inilah saya, ada diantaranya... Sebagai residen termuda, sudah pasti kita harus melewati apa yang disebut "kesed"nya residen lain yang lebih senior.  Kita harus lalui bagaimana setiap hari, kita selalu underpressure, penuh ketegangan dan lelah secara fisik dan mental. Tapi justru disitulah letak nikmatnya...Kalau jaman SMA dulu saya punya slogan...masa SMA adalah masa yang paling indah...MAAF...harus saya koreksi sekarang, kalau masa R1 (baca: er satu) alias residen baru adalah masa yang puaaaaaaling indah!!!

Salah satu hal positif yang saya dapat dari sistem pendidikan yang keras di Bedah ini adalah bahwa, nantinya, sebagai seorang ahli bedah...kita tidak boleh melakukan kesalahan. Satu kesalahan kecil, bisa sangat fatal, apalagi yang kita hadapi adalah nyawa manusia. Mungkin falsafah itu yang ingin ditanamkan oleh kakak senior saya. 

Apakah itu artinya seorang ahli bedah tidak boleh salah???

Tentu saja jawabnya tidak. Ahli bedah juga manusia biasa. Tapi ahli bedah yang baik, adalah yang tidak pernah mengulangi kesalahannya. So... sebagai residen baru, residen muda yang inyis-inyis.. saya masih harus belajar dari kesalahan, dan sebagai konsekuensinya tentu ada kompensasi dari kesalahan itu, yaitu HUKUMAN. Jadi wajarlah...kalau menu harian saya sekarang adalah dimarahin senior. Hehehe...

Mohon doanya aja ya...biar saya bisa melewati masa-masa sulit ini dengan penuh kemudahan..

2 comments:

  1. SELAMAT JADI PRESIDENT PAK.. EH RESIDEN.. AKU IRI KI.. BTW BACA BLOG KU JG DONG..

    ReplyDelete
  2. selamat jadi residen..nikmati euforia dulu..sebelum dibentak senior?
    Dibentak? benern gak mas??

    ReplyDelete